Pengembang Perumahan Grand Hill Residence Wajo - Gowa

11/30/2022

Terbaru 2022 Sehari Selesai Cara Mudah Cek BI Checking Secara Online

Siapa nih yang mau mengajukan pembiayaan atau KPR tapi masih ragu dengan status BI Checkingnya?! Sekarang gak usah lagi repot-repot ke kantor OJK karena Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Informasi Debitur kini sudah bisa online dan lebih praktis dan mudah. Langsung ke website aplikasinya tanpa perlu diopor-opor ke kantor untuk mengambil hasil dan yang pasti tanpa antri lagi. Tinggal tunggu hasilnya masuk di email dalam satu hari kerja.

Gimana caranya? langsung saja mimin kasihtau nih

1. Buka Aplikasi melalui laman web https://idebku.ojk.go.id, menggunakan hp atau komputer akan muncul tampilan seperti berikut. Klik tombol Pendaftaran.

 

2. Akan muncul tampilan cek kesediaan layanan, isi seluruh kolom yang ada lalu klik selanjutnya kemudian muncul pertanyaan "apakah anda yakin melakukan Pra-Registrasi nomor identitas xxx" pilih Ya hingga muncul Isian Data Registrasi.


 

3. Isi data pada formulir yang telah disediakan. Klik "Selanjutnya" apabila data isian telah diisi lengkap dan benar. Kemudian akan muncul permintaan unggah identitas/dokumen persyaratan permintaan iDeb dan juga foto diri sesuai instruksi. Adapun dokumen yang dimaksud untuk permintaan yaitu :

 Debitur Perseorangan :

  • KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA
Debitur Badan Usaha :
  • Identitas Pengurus (KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA)
  • NPWP badan usaha;
  • Akta pendirian/anggaran dasar pertama; dan/atau 
  • Perubahan anggaran dasar terakhir yang menunjukkan perubahan kepengurusan Badan Usaha.
Debitur yang meninggal dunia
  • Identitas ahli waris (KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA)
  • Dokumen asli yang menerangkan kematian debitur yang dikeluarkan oleh pihak berwenang; dan
  • Dokumen yang menunjukkan hubungan kekeluargaan atau ahli waris

4. Saat semua data telah lengkap, centang pernyataan kebenaran data dan klik ajukan permohonan.

5. Akan masuk pesan konfirmasi dari ojk ke alamat email yang kita gunakan mengisi identitas tadi. Isinya berupa info mengenai pendaftaran permohonan kita. Tunggu selambat-lambatnya satu hari kerja.

6. Setelah sehari, kita akan menerima email kembali dimana terdapat link informasi debitur yang bisa di download dengan batas waktu tertentu.

Itu dia cara cek BI Checking secara online hanya dalam sehari tanpa perlu ke kantor OJK. Semoga membantu ^.^




11/29/2022

Bantuan PSU Jalan Perumahan Bersubsidi Tahun 2022

Alhamdulilah pada tanggal 20 Oktober 2022 lalu telah dilaksanakan PHO atas proyek pekerjaan bantuan PSU jalan di Perumahan bersubsidi Grand Hill Residence Gowa. Pekerjaan jalan dikerjakan selama 90 hari sesuai masa kontrak penunjukan langsung yang ditandatangi oleh developer perumahan PT. Surya Cipta Sulawesi dan PPK Satker Sulsel pada tanggal 25 Juli 2022. Ruas jalan proyek terbut diberi masa pemeliharaan selama 180 hari atau 6 bulan sebelum akhirnya diserahkan kepada pemerintah daerah Gowa.

Pengecekan dan pengambilan sampel paving

Kami mau sharing sedikit pengalaman mendapatkan bantuan PSU jalan untuk perumahan bersubsidi.

Tahun 2022 Bantuan PSU Jalan diberikan untuk perumahan bersubsidi kami dengan sistem tender penunjukan langsung. Awalnya kami sudah mendapatkan info terkait pendaftaran Bantuan PSU melalui dinas pu, asosiasi perumahan maupun pemda. Selanjutnya kami mengusulkan perumahan Grand Hill Residence Gowa untuk menerima bantuan. Pengusulan dan pendaftaran dilakukan melalui aplikasi SIBARU. Aplikasi ini diakses melalui halaman website https://sibaru.perumahan.pu.go.id dengan melakukan login pengembang.

Setelah login, ajukan usulan dengan melengkapi persyaratan yang diminta. Persyaratan tersebut adalah berkas-berkas terkait perusahaan dan proyek perumahan. Syukurlah karena sekarang kita tidak perlu lagi terbang hingga ke Jakarta untuk mengumpulkan berkas persyaratan seperti dahulu karena sudah ada kantor Balai PU di Makassar. Nantinya usulan tersebut akan diverifikasi oleh tim verivikasi dari Balai dimana mereka juga akan mendatangi lokasi yang diusulkan.

Selanjutnya ke bagian lelang. Siapkan hal-hal penting yaitu Konsultan yang akan membantu membuat laporan proyek, Aktivasi PKP (penting untuk proses pencairan termin) dan Pendaftaran Akun LPSE. Akun LPSE adalah tempat kita mengajukan serta menerima perintah lelang penunjukan langsung. Ikuti proses dengan mengupload dokumen kualifikasi dan dokumen penawaran sesuai jadwal. Nantinya dokumen-dokumen tersebut akan diperiksa oleh Pokja penunjukan langsung di BP2JK untuk validasi. Jika validasi selesai, maka tunggu hingga kita diundang untuk rapat serta tandatangan kontrak. Sebelum tandatangan kita akan dimintai hasil uji lab tanah, jadi pastikan kondisi tanah sudah memenuhi syarat.

Ketika kontrak sudah ditandatangani, pekerjaan proyek akan dilakukan dengan pengawasan dari satker. Pastikan semuanya mengikuti aturan sehingga tidak ada kesalahan dan kita tidak dibuat bekerja dua kali. Sambil proyek dikerjakan, kita bisa mengajukan pencairan uang muka 30% dengan melampirkan berkas permohonan uang muka, garansi pelaksanaan dan garansi uang muka. Ketika pekerjaan selesai dan sudah ada berita acara PHO dan laporan selesai, kita bisa mengajukan pencairan 100% dari proyek tersebut.

Demikian sedikit pengalaman mengajukan bantuan PSU yang kami kerjakan tahun 2022. Semoga bisa membantu, lebih dan kurangnya bisa dikomen di kolom komentar ^.^ Terimakasih.